Diskusi Data
Berbagai Artikel yang harus Dibaca

Pendidikan Agama, Salah Satu Mata Pelajaran di Sekolah yang Sangat Penting

diskusidata.com

Sekolah merupakan sarana edukasi formal yang sengaja dibuat oleh pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa. Pada dasarnya sekolah memiliki 3 tingkatan, yaitu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Di lingkungan sekolah, nantinya seseorang akan diajari tentang moral dan juga tata cara berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu saja, para guru yang mengajar di sekolah juga akan memberikan ilmu pengetahuan kepada para siswanya.

Berbicara tentang sekolah, ada banyak sekali mata pelajaran yang diajarkan dan Pendidikan Agama merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting di sekolah. Mengapa saya katakan pendidikan agama di sekolah sangat penting? Karena nilai religius pada diri setiap orang sangatlah penting. Agama sangat penting dalam kehidupan. Karena tanpa adanya agama, seseorang tidak akan pernah mengetahui tujuan hidupnya secara pasti.

Oleh karenanya sekolah wajib memberikan pendidikan agama kepada para siswa dan siswinya sejak duduk di bangku sekolah dasar. Karena selain di lingkungan keluarga, sekolah juga merupakan tempat yang sangat tepat untuk memberikan pendidikan agama. Baik agama Islam, Kristen, Hindu, dan juga Budha. Dengan adanya pendidikan agama yang diberikan di lingkungan sekolah, para siswa dan siswi nantinya diharapkan bisa lebih mengenal Tuhan lebih dekat.

Dengan adanya pendidikan agama yang diajarkan di sekolah, seseorang dapat mengetahui apa saja hal-hal yang dilarang oleh agama. Seseorang akan semaksimal mungkin untuk menjauhi segala sesuatu yang dilarang oleh agama. Semua agama pasti mengajarkan kebaikan. Tidak ada satupun agama di dunia ini yang mengajarkan pada kesesatan. Oleh karenanya, pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting di sekolah.

Memang seluruh pelajaran yang diajarkan di sekolah itu penting. Namun tidak sepenting pelajaran pendidikan agama. Pendidikan agama sangat berguna sebagai tombak acuan kehidupan di dunia dan juga di akherat kelak. Maka dari itu, para guru yang mengajar di sekolah diharapkan dapat memberikan pengajaran agama yang baik di sekolah. Agar para siswa memiliki tingkah laku dan juga kepribadian yang baik di kehidupannya.

Sebelumnya juga sempat ada isu yang menyatakan bahwa pendidikan agama di setiap di sekolah harus dihapuskan. Dan menurut sebagian orang, isu ini merupakan salah satu usul yang sangat tidak masuk akal. Jika pendidikan agama dihapuskan di sekolah, maka akan ada banyak sekali kemungkinan buruk yang akan terjadi. Salah satunya para siswa akan memiliki pengetahuan agama yang sangat buruk.

Karena satu-satunya tempat yang sangat baik dan tepat untuk memberikan pengajaran tentang agama adalah sekolah. Tak hanya itu saja, jika pendidikan agama sudah hilang dari sekolah, maka sudah secara pasti para siswa akan memiliki pengetahuan agama yang sangat buruk. Karena belum tentu para siswa mendapatkan pendidikan tentang agama di lingkungan keluarga. Maka dari itu, usulan menghilangkan pelajaran pendidikan agama di setiap sekolah sangatlah tidak masuk akal.

Pengetahuan agama sangatah penting dalam kehidupan. Oleh karenanya, pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak boleh dihilangkan sampai kapanpun. Bahkan sampai di perguruan tinggi sekalipun, pendidikan agama tidak boleh dihapuskan. Hal ini dilakukan agar seseorang tetap memiliki pengetahuan agama yang baik. Dan pengetahuan agama yang baik dapat mulai diperkenalkan oleh para siswa sejak duduk di bangku sekolah.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *