Diskusi Data
Berbagai Artikel yang harus Dibaca

Investor Saham Pemula (ISP)

diskusidata

Investor Saham Pemula merupakan perkumpulan dalam bentuk komunitas sosial (social community) yang berfokus pada bidang edukasi pasar modal. Komunitas ISP didirikan pada tanggal 22 Desember 2014 Frisca Devi Choirina selaku Founder sekaligus Ketua Nasional ISP. Latar belakangnya berasal dari ekonomi dan merupakan alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Anggota Komunitas ISP tidak dikhususkan untuk kalangan pemuda-pemudi, namun untuk seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang dan usia, karena “pemula” itu belum tentu muda dan yang perlu Anda yakini bahwa semua investor sukses di dunia ini pasti berawal dari seorang pemula. Jika seorang Warren Buffet saja bisa, kenapa Anda tidak? Asal Anda mau belajar dan berusaha mempraktekkan apa yang sudah anda pelajari, tidak menutup kemungkinan Anda akan se-sukses Warren Buffet.

Sejarah Berdirinya ISP
Komunitas ISP dibentuk karena keprihatinan Founder terhadap masyarakat Indonesia yang skeptis terhadap dunia investasi,
penyebab skeptis banyak sekali, contoh :
1. Pernah tertipu investasi bodong
2. Rugi di forex
3. Rugi berinvestasi saham lalu akhirnya kapok
4. Mindset bahwa saham adalah judi, dan lain sebagainya.

Itu hanya segelintir pendapat masyarakat secara umum, diluar sana masih banyak sekali pendapat yang miring, terutama kasus Bank Century yang sempat populer. Investasi bodong,investasi ilegal selalu akan ada, tidak terkecuali negara maju sekalipun.

Founder dalam pengalamannya di bidang pasar modal lebih dari 7 (tujuh) tahun sangat sering bertemu dengan hal yang seperti itu. Masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin berinvestasi di bidang keuangan tapi mereka bingung harus bertanya dengan siapa dan mendatangi siapa, dan bagi yang sudah berinvestasi saham biasanya muncul pertanyaan kenapa saham kita rugi terus, padahal kita beli saham karena sudah ikut sosialisasi IDX atau sekuritas atau sejenisnya, di mana kita harus mencari mentor dan dimana kita bisa belajar. Semua itu pasti dirasakan oleh masyarakat yang belum melek pasar modal, bahkan seorang mahasiswa ekonomi atau bahkan alumni sekalipun pasti ada yang masih belum tahu mengenai capital market secara keseluruhan.

Semua hal itu dirasakan secara langsung oleh founder, sehingga hal itu menjadi latar belakang berdirinya Komunitas ISP. Tidak harus menunggu pemerintah untuk memberantas investasi bodong, menunggu IDX untuk membuka kantor di seluruh kota di Indonesia, menunggu dan terus menunggu. Untuk itu lebih baik take action untuk menjawab seluruh permasalahan di masyarakat terkait bidang keuangan.
ISP dimulai dari Grup Online di Facebook, lalu merambah ke berbagai media online seperti WhatsApp -LINE Official- Twitter – LinkedIn – Instagram, hingga program ISP Goes To Campus untuk aktif mengisi sharing atau diskusi pasar modal.

Latar Belakang ISP AMBASSADOR
Sebelum ada ISP Ambassador, semua aktivitas ISP hanya ditangani oleh beberapa orang (disebut ISP Pusat), karena kekurangan tenaga, waktu dan pikiran yang harus berbagi dengan aktivitas lainnya dan semakin banyaknya orang yang mengenal ISP maka dibentuklah ISP Ambassador (sifatnya volunteer) sebagai kepanjangan tangan dari ISP Pusat, hal itu menjadi latar belakang terbentuknya ISP Ambassador.

ISP percaya bahwa di luar sana banyak anak muda yang memiliki passion yang sama, namun mereka belum dipertemukan. Founder mempercayakan setiap wilayah kepada masing-masing Ambassador untuk memperkenalkan dunia keuangan yang sudah modern berdasarkan peraturan-peraturan investasi resmi dari Kemenkeu, OJK dan SRO.

Para Ambassador diharapkan akan menjadi “changemaker” di masa mendatang baik skala regional di kotanya maupun nasional. Oleh karena itu, berangkat dari latar belakang pendirian Komunitas ISP dan ISP Ambassador maka Komunitas ISP memiliki arah yang jelas kedepan. Komunitas ISP diharapkan mampu menjadi gerbang utama bagi masyarakat, baik calon investor maupun yang sudah menjadi investor saham atau instrument lainnya yang ingin belajar lebih lanjut tentang investasi pasar modal, baik secara online maupun offline.

VISI dan MISI Komunitas ISP
Visi : 
Memajukan Pasar Modal Di Indonesia Berbasis Investor Domestik Yang Cerdas

Misi :
– Melakukan sosialisasi pasar modal ke seluruh wilayah Indonesia
– Mencetak generasi muda yang unggul di bidang pasar modal
– Membantu OJK, SRO dan
– Stakholders bidang keuangan dalam mengedukasi Pasar Modal

Sejak tahun 2016 Komunitas ISP sudah hadir secara offline dan sampai detik ini sudah ada di 30 kota atau regional yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, yaitu:
Pulau Sumatera terdiri dari Aceh, Medan, Padang, Jambi, Batam, Lampung, Palembang, Pekanbaru,dan Pangkal Pinang.
Pulau Jawa terdiri dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Bandung, Semarang, Pekalongan, Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Kediri, Surabaya, Malang, Jember dan Banyuwangi.
Pulau Bali terdiri dari Denpasar.
Pulau Kalimantan terdiri dari Pontianak dan Balikpapan.
Pulau Sulawesi terdiri dari Makassar dan Manado.
Pulau Maluku terdiri dari Ternate.

Kegiatan-kegiatan ISP
Komunitas ISP berusaha untuk terus berperan aktif dalam melakukan literasi keuangan dan membantu masyarakat Indonesia agar melek investasi terutama di industri pasar modal, tidak hanya untuk kalangan akademisi tapi juga masyarakat dari berbagai latar belakang dan usia. Selain itu juga ISP kan terus berupaya untuk mendukung salah satu isu dalam Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya di Indonesia terkait isu ke-8 yaitu “Economic Growth”.

Melalui campaign sejak tahun 2016, ISP terus memperluas wilayah regional ISP dan membantu mengedukasi masyarakat melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, baik akademisi di tingkat kampus, pemerintah kota atau kabupaten, instansi, maupun komunitas-komunitas non pasar modal yang ada di Indonesia.

Pendanaan ISP bersumber dari kas iuran pengurus dan dari sponsorship kegiatan. Di ISP, semua regional memiliki program kerja tahunan yang berbeda-beda yang tentunya akan terus dievaluasi secara berkala agar ada perbaikan kedepannya. Sebagai bentuk #kolaborasianakbangsa , ISP juga menerbitkan buku bekerjasama dengan PT. Elexmedia Komputindo – Kompas Gramedia yang berjudul “#yukbelajarsaham Untuk Pemula”.

yuk..! bagi yang mau belajar gabung di komunitas ISP sekarang.

You may also like...

1 Response

  1. DuniaTech.Net berkata:

    mantab gan semoga sukses terus grubnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *