Diskusi Data
Berbagai Artikel yang harus Dibaca

KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI

Apa kunci menuju keberhasilan ? apa yang membedakan antara orang yang pencapaiannya banyak dan orang yang pencapaiannya ala kadarnya ? apa yang mereka kerjakan setiap hari ?

Orang berhasil mencapai potensi mereka karena mau berusaha meningkatkan diri setiap hari. Mereka mencurahkan waktu untuk menambah nilai diri. Karena melakukannya, mereka juga mampu menambah nilai orang lain.

Artikel ini ditulis dari buku The Maxwell Daily Reader isinya dapat membantu anda meningkatkan diri setiap hari sepanjang tahun.

Anda tidak akan dapat bertumbuh jika anda tidak mau berubah. Dan anda tidak akan berubah, kecuali Anda mengubah sesuatu dari apa yang Anda lakukan setiap hari. Saya berharap Artikel ini membantu anda dalam prose perubahan di tahun yang akan datang.

Semoga pembaca DiskusiData semuanya dapat memahami isi bacaannya dan menerapkan dikehidupan nyata.

Ilustrasi

INSTRUMEN KEPEMIMPINAN

John W. Gardner berkata, “jika saya harus menyebut instrumen kepemimpinan serbaguna, jawaban saya komunikasi.” Jika anda pernah membaca buku-buku saya, Anda tentu tahu bahwa saya percaya penyebab jatuh-bangunnya  segala sesuatu adalah kepemimpinan. Yang belum saya sebut ialah bahwa penyebab jatuh-bangunnya kepemimpinan adalah komunikasi.

Saat memimpin Tim, jadikan standar di bawah ini sebagai pedoman ketika berkomunikasi dengan anak buah anda :
  1. Tetaplah konsisten. Anggota tim selalu frustasi pada pemimpin yang tidak mampu membuat keputusan. Gordon Bethune memperoleh dukungan tim ketika memimpin Continental Airlines karena konsistensi komunikasinya. Anak buahnya yakin mereka bisa mengandalkan dirinya dan ucapannya. 
  2. Berkomunikasilah dengan jelas. Tim tidak akan dapat melaksanakan rencana Anda jika tidak tahu apa yang Anda inginkan. Jangan coba-coba menyilaukan siapapun dengan kecerdasan Anda. Buatlah orang terkesan dengan kejujuran anda. 
  3. Jagalah kesopanan. Setiap orang layak diperlakukan dengan santun, apapun posisi orang itu dan bagaimana riwayat Anda dengannya. Dengan bersikap sopan terhadap anak buah, Anda membawa keselarasan bagi organisasi secara keseluruhan.
Jangan lupa, karena Anda seorang pemimpin, komunikasi Anda harus bisa menciptakan keselarasan interaksi antara para anak buah. Tim senantiasa mencerminkan pemimpinnya. Jangan lupa bahwa komunikasi yang baik bukanlah komunikasi satu arah. Komunikasi tidak boleh bersifat top-down atau bergaya diktator. Pemimpin terbaik akan mendengarkan, mengajak, dan mendorong partisipasi anggota tim.

PERHATIKAN PADA HARI INI APAKAH KOMUNIKASI ANDA DAPAT MENCIPTAKAN KESELARASAN DENGAN ORANG-ORANG YANG ANDA PIMPIN.



John C. Maxwell, The Maxwell Daily Reader. 2007 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *